Cokelat Hitam Untuk Turunkan Tekanan Darah?

Coklat hitam telah lama dikenal akan manfaat kesehatannya. Hasil analisis dari 20 studi menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat hitam setiap hari menurunkan tekanan darah.

Penelitian dari The Cochrane Group melaporkan bahwa zat aktif dalam cokelat bermanfaat untuk membuat pembuluh darah lebih rileks. Akibatnya, tekanan darah turun.

Zat aktif yang memiliki efek positif adalah flavonol, yang memproduksi bahan kimia oksida nitrat dalam tubuh dan melemahkan pembuluh darah, sehingga darah bersirkulasi lebih lancar.

Analisis ini menggabungkan beberapa penelitian sebelumnya untuk menentukan apakah cokelat memiliki efek pada tekanan darah. Cokelat hitam yang digunakan oleh peserta penelitian cukup banyak, antara 3 gram dan 105 gram per hari.

Namun penurunan yang terjadi pada tekanan darah tidak terlalu besar, hanya 2-3 mmHg. Namun, penelitian hanya dilakukan selama dua minggu, sehingga efek jangka panjangnya tidak diketahui.

“Meskipun kami belum menerima bukti efek jangka panjang pada penurunan tekanan darah, penurunan kecil dalam jangka pendek ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung,” kata Karin Ried dari Institut Nasional Pengobatan Integratif di Melbourne. , Australia.

Tekanan darah tinggi sangat menderita dan dianggap sebagai penyebab paling umum dari stroke dan penyakit jantung.

Jika Anda menginginkan manfaat cokelat hitam, pastikan bahwa produk yang dibeli mengandung cokelat dalam jumlah besar karena sebagian besar produk yang ada di pasaran mengandung lebih banyak gula dan lemak.

Selain cokelat, kacang-kacangan, aprikot, blackberry, dan apel juga mengandung flavonol, meski kadarnya lebih rendah dari cokelat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *